Review: Harga dan Spesifikasi Tablet Lenovo A5500

Tablet Lenovo A5500
Dari empat buah tablet yang diluncurkan Lenovo pada April 2014 lalu, salah satunya adalah Lenovo A550. Dibandingkan dengan Lenovo A3300 atau A3500, tablet ini jelas memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Selain membawa layar 8 inci, memori internalnya pun dibekali dengan kapasitas 16 GB. Selain itu, kapasitas baterai dan resolusi kamera yang dibawanya sudah jauh lebih baik. Tidak heran karena ponsel ini memang ditujukan bagi kalangan menengah.

Harga dan Spesifikasi Lenovo A5500

  • Harga Baru : Rp. 2,499,000.00
  • Jarangan : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 900 / 2100
  • Tipe Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran Layar : 800 x 1280 pixels, 8.0 inches (~189 ppi pixel density)
  • Dimensi (Ukuran/Berat) : 217 x 136 x 8.9 mm / 360 g
  • Memori : Internal 16 GB Storage, 1 GB RAM, microSD up to 32 GB
  • Data : 3G HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, EDGE, GPRS
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
  • Konektivitas : Bluetooth v4.0 with A2DP, Por microUSB v2.0
  • Kamera : Primer 5 MP, 2592 х 1944 pixels; Sekunder 2 MP
  • Baterai : Tipe Non-removable Li-Ion 4200 mAh battery
  • OS : Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
  • CPU : Mediatek MT8382 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7,
  • Video Player : MP4/H.264/H.263 player
  • MP3 Player : MP3/WAV/eAAC+ player

Desain
Lenovo kali ini menghadirkan sosok tablet dengan kombinasi warna yang stylish, dengan lebih menyasar selera kaum muda yang dinamis. Sebagai buktinya adalah seri Tab A8 yang ditawarkan dengan pilihan warna hitam, putih, kuning dan merah. Tablet ini mengusung rancangan unibody lewat lapisan plastik glossy pada elemen back cover. Dibubuhi teknologi Dolby, tampilan pada front cover disematkan dual speker yang menjanjikan kualitas pancaran suara stereo lebih baik. Berdimensi 217 x 136 x 8,9 mm, Tab 8 termasuk dalam kelas tablet yangh ergonomis, ditambah bobot 360 gram, mencitrakan sebuah tablet yang ringan.

Lenovo menempatkan lubang audio jack 3,5 mm dan port microUSB pada bagian atas bodi (top view). Sementara lubang mikrofon disematkan pada bagian bawah bodi (bottom view). Tombol on/off dan tombol volume berada di samping kiri, dan pada samping kanan terdapat slot microSD dan slot micro SIM card. Kedua slot ini terdapat di dalam satu penutup. Port microUSB selain digunakan untuk charging dan transfer data, juga bisa diperankan untuk sambungan USB OTG (on the go)

Layar
Sesuai identitas, Tab 8 menyuguhkan ukuran layar 8 inchi dengan wide view HD display. Layarnya disokong teknologi IPS (In Plane Switching) dengan kedalaman 16 juta warna serta resolusi 1280 x 800 pixels. Tampilan layar terasa lebih lega, pasalnya lebar bazel hanya dikisaran 12 mm. Ketajaman layar termasuk optimal, dengan level 213 ppi (pixel per inch). Layar nampak tidak dibekali lapisan anti gores. Adopsi IPS memungkinan sudut pandang layar lebih lebar, menjadikan layar masih cukup jelas dilihat dari samping.

Kamera
Tab 8 dibekali dual kamera, kamera utama 5 Mpix dengan resolusi 2592 х 1944 pixels dan kamera sekunder 2 Mpix resolusi 1600 x 1200 pixels untuk mendukung video call. Menu pada kamera mencakup face detection, self timer, continuous shot, ISO. Effect, geo tag, scene mode, white balance, panorama, HDR (high definition range) dan foto editor. Tab 8 menyediakan rekam video dengan pilihan resolusi maksimum 1920 x 1088 pixels pada kecepatan 30 fps. Menu pendukungnya mencakup EIS (electronic image stabilization), mikrofon on/off, audio mode, dan effect. Sayangnya, kamera tidak dibekali flash light dan auto focus. Hasil pada jepretan masih terlihat banyak noise. Continuous shot bisa digunakan hingga 99 shots.

Multimedia
Musik menjadi andalan di tablet ini, wujudnya dengan asupan teknologi Dolby Digital Plus dengan dual speaker. Ada dua pemutar musik di tablet ini, yakni Google Play Music dan pemutar musik bawaan Android. Untuk urusan equalizer, kedua pemutar musik mengarah pada fitur Dolby. Kelengkapan equalizer cukup mumpuni dengan surround virtualizer, dialogue virtualizer dan volume leveler. Tidak lupa juga tersedia pengaturan secara kustom equalizer. Terapan Dolby juga apik dalam adaptasi video, game, dan voice.

Tak banyak tablet yang menyertakan fitur FM radio. Tapi Lenovo tak meninggalkan fitur favorit di Indonesia ini. FM radio dibekali dengan scan channel dinamis. Selain itu FM radio dapat diperdengarkan lewat speaker. Anda juga bisa merekam lagu favorit lewat menu record FM. Hasil rekam radio langsung disimpan ke dalam file musik dengan format OGG.

Fitur
Tablet ini memiliki koneksi HSDPA dan Wi-Fi sehingga nyaman digunakan untuk mengakses internet. Untuk browsing, Tab A8 dibekali tiga peramban, yaitu browser bawaan dari Android, Chrome dan UC Browser. Untuk browser bawaan dan Chrome sudah jamak kita dengar. Sementara UC browser menawarkan 9 widget URL favorit. Lainnya ada menu mobile sites, news sport, video music dan most visited. Yang membedakan dari browser lainnya, ada speed mode untuk selancar web dengan hemat konsumsi data, kemudian ada QR code untuk langsung membaca barcode.

Dalam paket jualnya Lenovo Tab 8 sudah dibekali dengan aplikasi navigasi peta berbasis GPS, yakni Route66. Aplikasi dapat menampilkan informasi trafik, 3D buidings, speed camera, akses ke Wikipedia dan beragam POI (point of interest). Suguhan visual map mencakup pilihan standard atau satelit. Untuk menyesuaikan dengan lokasi Anda berada. Route66 menyediakan free download map per negara. Pencarian pun dipermudah berdasarkan abjad. Sayangnya, Route66 hanya menyediakan paket navigasi gratis selama 30 hari. Untuk layanan yang benar-benar gratis, tentu pengguna bisa memakai Google Maps yang sudah menjadi fitur default Android.

Selain beberapa yang disebutkan diatas, dalam paket jualnya Lenovo Tab A8 dibekali fitur lain yang dinilai cukup menarik. Seperti untuk mengetik dan tugas kantoran ada Kingsoft Office, disini dapat membuka, mengedit dan membuat dokumen baru dalam ekstensi Microsoft Office. Mau mengedit video sudah tersedia Movie Studio, sedangkan untuk cloud storage sudah ada Google Drive. Hampir semua fitur/aplikasi bawan Google hadir disini, termasuk Maps dan Hangout. Guna melindungi dari serangan virus, tak lupa ada Norton Mobile.

Kinerja
Kinerja Lenovo Tab A8 disokong prosesor quad core 1.3 Ghz Cortex-A7 dengan menggunakan chipset MediaTek MT8382. Sementara kinerja pada layar mengandalkan GPU Mali-400. Kapasitas RAM juga menjadi penentu, dan Tab A8 hadir dengan RAM 1GB plus memori internal 16GB. Sisanya masih ada slot memori eksternal (microSD) sampai kapasitas baca 32GB. Dalam uji coba, akslerasi tablet ini cukup memuaskan dan cukup mulus dalam navigasinya. Ada tiga sensor yang dibenamkan di tablet ini, yaitu akselerometer, proximity dan light (cahaya).

Tablet ini ditenagai baterai Lithium Ion dengan kapasitas 4.200 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 72 jam, sementara waktu penggunaan rata-rata dalam pengaktifan 3G atau WiFi, berkisar 11 jam. Untuk mengoptimalkan energi baterai, disarankan memanfaatkan Power Manager. Di aplikasi ini disajikan info sisa endurance baterai, konsumsi energi per aplikasi dan hardware. Ada lagi pilihan model charging, seperti fast charge, continuous charge, dan trickle charge. Fast charge dapat digunakan untuk proses isi ulang cepat hingga 80%, meski tetap disarankan untuk continuos charge.

Nah, itulah informasi mengenai harga dan spesifikasi dari tablet Lenovo A5500. Lihat juga review mengenai smartphone Lenovo S930 yang merupakan ponsel kelas atas Lenovo.

1 komentar:

cantika said...

Saya mau tanya tablet lenovo A5500 HV ini gak ada lampu indikator nya ya???

Post a Comment

Recent Posts