Review Samsung Corby II (New Samsung Corby)

Review Samsung Corby II: Corby Versi Anyar, WiFi Plus Layar Lebih Lebar

Samsung Corby II

Desain
Dimensi 109.9 x 60.6 x 11.7 mm, 102 gram
Perubahan yang paling terasa di sisi desain adalah Corby II ternyata dibuat sedikit lebih panjang dan tipis. Hal ini dimaksudkan untuk menyematkan layar yang lebih baik dari pendahulunya. Namun meskipun lebih panjang, ponsel ini masih tetap nyaman saat digenggam, seperti pendahulunya. Cover warna-warni tetap disediakan di paket penjualan. Anda bisa menyesuaikan sesuai warna baju atau mood.

Layar
TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 3.2 inchi, QVGA
Sebagai anggota Samsung terbaru, beberapa hal yang up to date pun ikut dibawa Corby II. Salah satunya adalah UI TouchWiz. UI yang sering menyertai produk-produk Galaxy ini memberikan kemudahan untuk kita. Dengannya kita bisa mengatur tampilan layar Home sesuai dengan keinginan.

Samsung sudah menyediakan sejumlah Widget agar kita tidak lagi perlu ke halaman menu. Semisal kita berniat masuk keFacebook, ya tinggal sentuh saja ikon facebook di layar utama. Selesai.

Layar Corby II sudah pas dengan spek koneksi yang ditawarkan. Layar lebar cocok untuk menonton Youtube ataupun membuka halaman situs web. Sayangnya responsifitas layar menjadi masalah tersendiri. PULSA tidak merasakan kenyamanan saat mengetik sms. Dan untuk sekedar informasi, kami tidak menemukan opsi keyboard qwerty.

Kamera Foto
2 megapixel, smile shutter
Tidak ada autofokus, tidak ada tombol shutter yang didedikasikan secara khusus. Artinya, kita akan memotret dengan layar sentuh yang kurang responsif. Butuh keajaiaban untuk memotret cepat dan tidak bergoyang.


Hasil Kamera
Hilangnya lampu kilat, seperti dugaan PULSA, ternyata sangat berpengaruh dalam mendapatkan titik fokus di pengambilan gambar dalam ruangan (indoor). Sehingga hasil indoor akan tampak lebih nge-blur ketimbang outdoor. Sebaliknya, foto luar ruangan terasa lebih hidup. Tone warna tampak seimbang, meski kadang terasa agak cenderung gelap.


Perekam Video
QVGA (320 x 240 pixel), @15fps
Sama dengan kinerja kamera diam nya, perekam video di Corby II bisa dibilang standar-standar saja. Resolusi maksimal di 320 x 240 pixel alias QVGA sudah diterapkan oleh kamera ponsel sejak tiga tahun lalu. Demikian juga dengan frameratenya. Hasilnya pun kurang memuaskan.


Video Player
Video player 3gp dan mp4
Selain ukuran layar yang lebih besar, pada dasarnya tidak ada yang spesial di sisi pemutar video. Format yang disokong pun sama dengan ponsel-ponsel Samsung kebanyakan, yakni 3gp dan MP4 saja. Termasuk pada keterbatasan framerate, resolusi dan bitrasi.


Audio Player
MP3/WAV/eAAC+ player

Samsung Corby II menyematkan pula kebutuhan berupa audio yang mendukung beragam format. Konversi semisal MP3/WAV/eAAC+ player bisa dimainkan secara maksimal baik ketika menggunakan earphone maupun speaker multimedia. Selain Audio Player Samsung Corby II juga menyematkan FM Radio bagi anda penikmat akan siaran radio secara langsung.

Konektivitas
GSM quadband, gprs class 12, EDGE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluretooth dengan A2DP
Hal yang paling menarik adalah hadirnya koneksi WiFi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengannya. Mulai dari mengakses internet, menonton video streaming atau sekedar mengatur email. Masalahnya, tanpa kehadiran 3G, maka WiFi menjadi satu-satunya sarana untuk mengakses internet dengan cepat (dengan catatan ya). Kalau tidak ada koneksi WiFi, terpaksa kita menggunakan kecepatan GPRS dan 3G, yang mana kurang mumpuni untuk streaming video.


Internet
Browser HTML, tidak ada auto rotate
Corby II tidak dilengkapi dengan akselerometer ataupun teknoligi auto rotate yang lain. Walhasil, kita harus menekan tombol khusus ketika ingin memperlihatkan halaman browser ke bentuk landscape. Demikian pula dengan zoom out/in. Sekali lagi maslaah responsivitas layar akan sedikit menggangu. Baik saat mengetik alamat situs maupun ketika browsing link-link penting.


Fitur Lain
Facebook, Twitter, Samsung Apps, Youtube
Punya koneksi WiFi artinya kita bisa mengakses internet dengan lebih stabil. Minimal lebih stabil, jika tidak bisa dibilang lebih cepat. Dan hal itulah yang dibutuhkan oleh beberapa aplikasi semisal Youtube. Plus sarana social networking yang terintegrasi, rasanya hal itu sudah mencakup kebutuhan pasar ponsel saat ini.


Kelebihan:
- Disain menarik, bisa tukar cover warna-warni
- Layar Lebar 3.2 inchi
- WiFi
- Kamera 2 megapixel
Kekurangan:
- Layar tidak responsif
- Keypad alfanumerik virtual menyulitkan saat ber-sms
- Tidak mendukung flash
- Tidak 3G

Kesimpulan
Sebagai pengganti Corby lawas yang harganya sudah terjun ke angka 800 ribuan, HP ini menjalankan tugasnya dengan baik. Membawa layar lebih lega serta jaringan WiFi untuk koneksi internet dengan pita lebar. Tapi di kisaran harga yang sama Corby II bertemu banyak pesaing dengan kemampuan yang lebih baik. Positifnya, kita bisa mendapat HP dengan warna-warni menarik. Namun dengan layar sentuh yang sulit diakses serta mekanisme sms yang bertele-tele.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts