Review: Harga dan Spesifikasi Tablet Lenovo Yoga 8

Tablet Lenovo Yoga 8
Lenovo kembali mengeluarkan dua tablet terbarunya, yaitu Lenovo Yoga 8 dan Lenovo Yoga 10. Angka 8 dan 10 merujuk pada panjang diagonal layar yang digunakan. Tablet Lenovo Yoga 8 mengusung layar 8 inci sedangkan Yoga 10 mengusung layar 10 inci. Yang unik dari kedua tablet produk Lenovo ini adalah bentuknya yang tidak umum. Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah tablet Lenovo dengan layar 8 inci.

Harga dan Spesifikasi Lenovo Yoga 8

  • Harga Baru : Rp. 3,595,000.00
  • Network : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 1900 / 2100
  • Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran Layar : 1280 x 800 pixels, 8.0 inches (~189 ppi pixel density) Multitouch
  • Dimensi (Ukuran/Berat) : 213 x 144 x 7.3 mm / 401 g
  • Memori : Internal 16 GB, 1 GB RAM, microSD (up to 32GB)
  • Data : 3G HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; EDGE; GPRS
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
  • Konektivitas : Bluetooth v4.0 with A2DP, Port microUSB v2.0, USB On-the-go
  • Kamera Primer : 5 MP, 2592?1936 pixels, autofocus
  • Kamera Sekunder : 1.6 MP
  • Talk Time : (2G) / Up to 18 h (3G)
  • Baterai : Tipe Non-removable Li-Ion 6000 mAh battery
  • OS : Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
  • CPU : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 GPU PowerVR SGX544
  • BPerpesanan : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Video Player : MP4/H.264/H.263 player
  • MP3 Player : MP3/WAV/eAAC+ player

Desain dan Layar
Yoga Tablet 8 menggunakan konsep desain unibody. Bedanya dengan desain tablet pada umumnya, ada kickstand berbentuk silinder di bagian bawah, inilah yang membuat tablet Yoga bisa digunakan dalam 3 macam posisi: Hold, Tilt dan Stand. Bentuk silider pada kicktand ini juga dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan bagi baterai.

Untuk posisi tilt dan stand, panel belakang dari kickstand dapat dibuka sebagai sanggahan tablet. Alhasil tablet jadi sangat nyaman ketika digunakan untuk menonton video dan juga lumayan membantu untuk posisi pengetikan. Dengan pola ini, pengguna dapat mengoptimalkan tablet tanpa harus menggunakan asesoris pendukung.

Secara kesuluran, Yoga Tablet 8 punya ukuran 213 x 144 x 7,3 mm dan berat 404 gram. Dari sisi ukuran, yang menarik adalah body-nya yang termasuk tertipis di kelas tablet (7,3 mm). Hal ini dimungkinkan karena fokus penempatan baterai bisa digeser ke sisi lain. Sebagai perbandingan, ketebalan body Samsung Galaxy Tab 3 8.0 adalah 7,4 mm.

Lenovo Yoga Tablet 8 mengusung jenis layar IPS (In Plane Switching) Capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Adopsi IPS dipandag ideal untuk gadget dengan layar lebar, pasalnya dengan IPS memungkinkan bagi pengguna untuk dapat melihat visual layar dari sudut 178 derajat secara jelas. Bentang layar 8 inchi-nya dipadukan resolusi standar HD (high definition) 1280 x 800 pixels. Untuk kualitas visual, boleh dibilang cukup apik untuk kelas tablet, yaitu ada di level 189 ppi (pixel per inch), atau sebanding dengan level ketajaman layar pada Samsung Galaxy Tab 3 8.0.

Sebagai tablet dengan rancangan model baru, ada baiknya kita telusuri instrumen pada lekuk bod-nya. Pada bagian depan, tepatnya dilihat dari posisi landscape terdapat lensa kamera sekunder, lensa ini tidak disematkan pada sisi atas layar, melainkan ada disisi kanan layar. Masih dalam frame layar, tidak lupa terdapat tiga touchpad untuk fungsi back, home dan recent menu. Ikon touchpad akan aktif saat layar disentuh. Dibawah layar ada logo Lenovo, dan dibawahnya dalam material berwarna krom bisa terlihat dual speaker yang ada disisi kanan dan kiri.

Yang menarik buat kami, posisi audio jack 3,5 mm dan tombol on/off disematkan pada masing-masing ujung dari kickstand silinder. Untiuk tombol pengatur volume dan lubang mikrofon berada pada sisi kiri body penampang layar. Sebaliknya pada sisi kanan terdapat port microUSB. Nah, untuk bagian belakang (back cover) terbuat dari dua komposisi bahan, yakni bagian atas material polikarbonat dan bawahnya dari alumunium alloy. Pada garis batas alumunium alloy terdapat penampang bukaan untuk instalasi slot microSD dan slot micro SIM.

Catatan
Penampang bukaan pada back cover punya dua fungsi, sebagai penopang tablet dalam moda tilt dan stand, kemudian juga berperan sebagai penutup/pelindung bagi slot micro SIM dan slot microSD. Tablet ini tak dibekali flash light. Untuk membuka stand penopang, diperlukan kuku jemari yang kuat.

Fitur
Lenovo Yoga Tablet berjalan di OS Android 4.2 Jelly Bean. Meski tergolong tablet baru, sayangnya Lenovo tidak menyertakan user interface khusus untuk tablet ini. Dari segi navigasi menu, tidak ada beda tablet i ni dengan tablet Android Jelly Bean lainnya. Disokong prosesor quad core 1.2Ghz dan RAM (random access memory) 1GB, kemampuan olah fitur multimedia siap dijalankan dengan baik.

Memberi penekanan pada urusan desain, tapi untuk urusan fitur bisa dibilang tidak ada terobosan baru. Misalnya untuk kamera, resolusi kamera utama 5 Mpix (2592x1936 pixels) dan kamera sekunder untuk video call punya resolusi 1.6 Mpix. Tidak ada bekal flash light dan auto focus, beberapa menu pendukung yang hadir adalah night mode, white balance, effect, panorama dan foto editor. Sementara untuk kemampuan rekam video, resolusi maksimunya 1080p (HD).

Lenovo memberi sentuhan khusus pada elemen audio, selain nampak dari adpsi dual speaker dibawah layar. Lenovo juga menanamkan teknologi Dolby Digital Plus. Asupan teknologi audio papan atas ini langsung dapat memberi efek memukau pada pemutar musik dan pemutar video. Untuk pemutar musik, pengguna bisa menjajal aplikasi yang Goole Play Music. Di dalam pemutar musik sudah tersedia pengaturan equalizer, shuffle, dan playlist.

Bicara tentang koneksi, selain tersedia jalur 2G (GPRS/EDGE), sudah barangb tentu ada 3G hingga level HSDPA dan HSUPA. Tapi sayangnya pihak vendor tidak meyertakan informasi level 3G yang digunakan. Untuk WiFi berjalan di standar b/g/n dengan kemampuan WiFi tethering dan WiFi direct. Sementara untuk Bluetooth ada di versi 4.0. Yang cukup menarik, tablet ini sudah dilengkapi dukungan fasilitas USB OTG (on the go), artinya dapat membaca file di dalam flash disk via port micro USB.

Menunjang tugas-tugas kantoran, seperti seri smartphone Lenovo, di tablet ini telah dibenamkan aplikasi Kingsoft Office. Pengguna dapat membuka, mengedit dan membuat beragam dokumen dalam ekstensi Microsoft Office.

Catatan
Tidak ada fitur FM radio. Tablet ini juga tak dibekali kemampuan NFC.

Kinerja
Lepas dari desainnya yang keren dan ergonomis, untuk urusan fitur sejatinya tablet ini tampil biasa-biasa saja. Malah terkesan fiturnya minim sentuhan inovasi. Tapi dengan adopsi prosesor quad core 1.2Ghz Cortex A-7 dengan chipset MT8125 dari MediaTek. Sementara untuk kinerja layarnya disokong GPU (graphic processing unit) PowerVR SGX544. Penggunaan solusi prosesor dari MediaTek sebagai langkah yang tepat untuk menekan harga jual, disamping kualitas prosesor asal Taiwan ini dikenal cukup baik saat ini.

Lenovo Yoga Tablet 8G ditawarkan dalam dua varian memori internal (16GB dan 32GB. Untuk pemasaran di Indonesia yakni di versi 16GB dengan harga perdana Rp3.699.000. Sementara bila kapasitas dirasa masih kurang, tersedia slot memori eksternal hingga kapasitas microSD 64GB.

Tablet ini ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 6.000 mAh. Dari kapasitas tersebut tablet dapat menjalankan peran web browsing via WiFi hingga 16 jam. Sementara untuk waktu siaga dalam kondisi pemakaian normal bisa mencapai 20 jam.

Itulah informasi mengenai harga dan spesifikasi dari tablet Lenovo Yoga 8. Lihat juga review mengenai Lenovo vibe X dan Lenovo vibe Z yang merupakan dua smartphone andalan pabrikan asal Cina ini.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts