Review: Kelebihan dan Kekurangan Lenovo S930

Lenovo S930 merupakan smartphone besutan Lenovo dengan layar paling besar. Membidik segmen pasar menengah, Lenovo S930 telah dilengkapi dengan berbagai fitur andalan dan spesifikasi menawan. Diantaranya layar seluas 6.0 inci hingga dapur pacu berprosesor Quad Core.

Sebagai ponsel yang diperuntukkan bagi kelas menengah, S930 tidak dibanderol terlalu mahal. Jika Anda berminat memilikinya, anda bisa merogoh kocek sebesar 3,5 juta untuk membawanya pulang.


Kelebihan Lenovo S930
• Layar besar
• Prosesor quadcore
• Desain elegan
• Kapasitas daya baterai besar

Kekurangan Lenovo S930
• Resolusi layar sebatas 720p
• Konektifitas standar

Desain Lenovo S930

Membawa layar berukuran besar, wajar saja jika fisik Lenovo S930 ini juga berukuran diatas rata-rata ponsel kebanyakan. Atau lebih mudah menyebutnya berukuran phablet.

Bermain di segmen menengah, phablet ini berdesain ala produk kelas atas. Desainnya mengingatkan akan tampilan Vibe X milik Lenovo juga. Sisi belakang yang dihuni backcover serta sedikit bezel di bagian bawah, keduanya dibuat seolah berbahan logam meski sebenarnya plastik polikarbon.

Backcover diberi finishing bertekstur namun halus sehingga tidak terlalu kesat bahkan cenderung licin di tangan. Namun setidaknya gaya seperti ini membuat backcover tidak mudah dikotori bekas sidik jari. Backcover dibuka dengan cara mencungkil dari sudut kanan atas, untuk memberi pengguna akses menuju kedua slot kartu SIM, kartu memori, dan baterai.

Area lensa kamera utama agak sedikit menonjol di sisi belakang dan dikelilingi logam untuk melindunginya. Tombol fisik pengatur volume suara dan tombol power/lock berkumpul di sisi kanan.

Sedang port audio dan microUSB terpisah, masing-masing di sudut atas dan bawah bodi. Di sisi depan tampak dua speaker dengan fungsi stereo yang terpisah di sisi atas dan bawah layar.

Display Lenovo S930

Untuk saat ini, S930 merupakan ponsel dengan layar berukuran paling besar yang dimiliki Lenovo. Sayangnya resolusi yang dimiliki baru sebatas 720p atau high definition standar. Masih inferior dibanding Vibe X yang sudah full HD (1080p) meski layarnya lebih kecil.

Alhasil, tingkat kerapatan piksel keduanya pun berbeda jauh yakni sekitar 245 piksel per inci (ppi) pada S930 berbanding 441 ppi pada Vibe X. Meski begitu, ketajaman tampilan gambar di layar S930 masih tergolong baik. Karakter panel IPS juga terasa pada viewing angle S930 yang luas.

Disamping itu sajian warnanya pun natural. Jika diinginkan, pengguna bisa memaksimalkan fungsi multitouch pada layar lebar S930 yang dapat mengenali hingga 10 sentuhan jari berbeda dalam waktu bersamaan.

Sistem Operasi dan UI

Seperti banyak vendor kelas atas yang sudah memiliki identitas dengan ke-khas-an user interface yang digunakan utnuk membalut sistem operasi Android pada perangkatnya, Lenovo juga seolah pede dengan Lenovo Smart UI yang juga digunakan pada Vibe X.

Interface khas Lenovo ini menyatukan app drawer ke homescreen. Jadi semua aplikasi bisa ditemukan pada panel homescreen.

Panel homescreen secara default berjumlah 3 dan akan bertambah seiring bertambahnya jumlah aplikasi yang diinstal ke ponsel atau bisa ditambahkan secara manual dengan batas maksimal 18 panel.

Pengguna tidak hanya bisa membangunkan layar yang sedang tidak aktif melalui tombol power/lock melainkan juga dengan menekan salah satu tombol volume suara.

Task switcher bisa diakses dengan menahan tombol menu. Melalui task switcher pengguna bisa berpindah antar aplikasi yang masih berjalan pada background atau menutup salah satu aplikasi tersebut dengan menggeser ikon aplikasi yang bersangkutan ke atas atau ke bawah.

Fitur Khusus Lenovo S930

Melalui aplikasi Theme center, pengguna bisa memilih theme yang sudah menjadi paket tampilan, atau pengguna juga bisa menentukan sendiri tampilan Lock screen, desktop, animasi saat ponsel booting, menu pengaturan, menu notifikasi sampai dialer secara independen.

Fitur SEEit Gallery membawa fungsi lain selain menampilkan koleksi gambar yaitu pengguna bisa berkreasi menyatukan beberapa foto ke dalam semacam kolase dan fungsi untuk membuat gambar animatif berformat .GIF.

S930 juga dibekali aplikasi SYNCit yaitu fitur yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi data kontak, SMS, dan call log yang tersimpan pada layanan cloud milik Lenovo.

Lalu ada SHAREit yaitu sebuah metode baru untuk berkirim data dari atau menuju ponsel melalui sambungan wifi peer to peer. Dan berikutnya ada SECUREit, yaitu aplikasi keamanan ponsel dengan segudang fitur.

Seperti Vibe X, S930 juga membawa tambahan berupa fitur gesture, seperti Pocket mode yang secara otomatis membuat dering ponsel menjadi lebih nyaring ketika ponsel diletakkan di kantong, Shake to lock yang memudahkan pengguna mengunci layar hanya dengan mengguncangkan ponsel dan banyak lainnya.

Hardware dan Benchmark

Meski tergolong kelas menengah, namun rangkaian perangkat keras dibalik dapur pacu S930 cukup memuaskan dengan prosesor berinti 4 berkecepatan 1.3GHz.

Kapasitas memori internal yang dimiliki S930 sejatinya tidak terlalu besar namun tidak bisa juga dikatakan kurang. Namun bagi sebagian pengguna yang perlu menyimpan banyak data di ponsel tersedia slot kartu memori yang bisa membaca microSD dengan kapasitas hingga 32 GB.

Berlayar lebar plus prosesor quadcore, kebutuhan akan daya baterai yang besar dijawab Lenovo dengan membekali S930 baterai berkapasitas 3000mAh. Selama PULSA uji, baterai ini mampu membuat S930 tetap hidup hingga lebih 24 jam dengan pemakaian yang moderat. Lebih lama dari rata-rata ponsel kebanyakan.

Di uji menggunakan aplikasi benchmark, S930 mendapat skor 16819 pada Antutu dan 5872 pada Quadrant Standard. Lebih unggul dibanding produk pesaing dengan harga yang sepadan.

Internet dan Konektifitas

Dari segi konektifitas, pilihan yang tersedia pada S930 sebenarnya tergolong standar ponsel kelas menengah. Pengguna bisa menikmati konektifitas yang umumnya dibutuhkan namun beberapa jalur konektifitas tidak tersedia seperti NFC dan pemancar infra merah.Ketika dihubungkan ke komputer melalui sambungan kabel data, ponsel bisa dikenali oleh komputer dalam 3 mode berbeda, yaitu USB storage, perangkat multi media (MTP) atau sebagai kamera (PTP).

Jika diinginkan tersedia aplikasi Mobile Assistant, untuk mengatur atau membackup sejumlah data pada S930, seperti kontak, SMS dan aplikasi menggunakan komputer. Hanya saja Anda perlu menginstal aplikasi Mobile Assistant pada komputer.

Kamera

Di sektor pengabadi gambar, Lenovo menyematkan kamera dengan sensor 8 Megapiksel, lebih kecil dari milik Vibe X.

Namun dari segi fitur tidak banyak perbedaan meski tetap ada sedikit pengurangan. Seperti misalnya model pengambilan gambar utma yang berjumlah 11 pada Vibe X tinggal berjumlah 8 pada S930 dengan dihilangkannya pilihan beautify, speech pidture dan picture-in-picture (PIP) sehinga menyisakan burst, panorama, night potrait, HDR, low light, smile, makro dan timer.

Fitur burst memungkinkan kamera menangkap rentetan gambar hingga 99 gambar secara berurutan dengan sekali menekan dan menahan tombol shutter.

Kemudian tersedia 24 pilihan efek yang secra garis besar di bagi tiga kedalam 6 pilihan lens effect, 6 pilihan magic effect dan 12 color effect.

Kesimpulan

Dibanderol seharga 3 jutaan, apa yang dibawa Lenovo S930 terbilang menarik. Layar lebar ala phablet, prosesor 4 inti dengan kinerja menjanjikan, baterai berkapasitas daya besar, interface yang tampil beda, dan pilihan sejumlah aplikasi bawaan yang menarik,kesemuanya dihadirkan dalam sajian fisik elegan.

Jika ada kekurangan semisal resolusi layar serta pilihan konektifitas yang standar, sepertinya hal tersebut belum cukup untuk memudarkan pesona phablet ini.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts