Review HP Taxco M3 TV Tuner Analog

Review HP Taxco M3: Andalkan 3 SIM card dan TV Tuner Analog - Info HP

Display HP Taxco M3
Layaknya ponsel lokal kebanyakan yang menerapkan disain bongsor, Taxco M3 tampil dengan layar lebar horizontal dan full keypad. Walau mengusung konsep ala smartphone, tombol navigasi yang tersaji masih mengandalkan navigasi D-pad 5 arah, tak mengikuti tren trackpad atau trackball.

Jaringan triple on GSM yang tersemat disupport dengan akses tombol panggilan 1, 2, dan 3, di sisi kiri tombol navigasi. Mempermudah akses dalam aktivitas voice (menelepon). Di sebelah kanan tombol navigasi terdapat shortcut TV tuner dan pesan. Satu catatan, tombol tengah navigasi dapat menjadi sarana menghidupkan dan mematikan lampu LED sebagai senter dengan menekannya agak lama.

Di sisi keypad QWERTY, bentuknya cenderung kotak dengan siku membulat. Namun konturnya yang rapat agak menyulitkan pengguna berjari besar. Saat dicoba mengetik, tingkat sensitifnya lumayan baik, namun masih kerap terjadi salah pencet tombol.

Display yang disajikan ponsel ini berdiagonal 2,2 inci dengan kedalaman 262.144 warna beresolusi QVGA, cukup tegas dalam memunculkan warna dan tampilan menu. Yang unik menu yang hadir dalam tampilan utama mengadopsi konsep ala Symbian.

Audio dan Video HP Taxco M3
Taxco M3 juga sudah men-default pemutar musik, sayang hanya mampu berjalan dalam format MP3. Namun ketersediaan MP3/ MIDI ringtone dan voice recording cukup bisa mengobati kebutuhan audio. Di sisi multimedia bergerak, ponsel ini support video dengan format 3gp, mp4, dan Avi. Selain kedua fitur tadi, Radio FM pun juga tersemat sebagai media alternatif hiburan.

Mengaktifkan radio FM, cukup menyematkan handsfree seperti ponsel kebanyakan dengan fitur sejenis. Dengan pilihan cari gelombang otomatis, sampai daya tampung channel hingga 30 gelombang, nampaknya ini layak menjadi alternatif multimedia, walaupun minus fitur recording.

Kamera Taxco M3
Ponsel ini mengandalkan dua kamera yang dibenamkan di depan dan belakang bodi ponsel. Masing-masing beresolusi VGA dan 1,3 megapixel. Fungsi kamera depan nampaknya cukup untuk layanan video chat. Sementara kamera utama (belakang) mampu memotret gambar secara optimal di luar ruangan meski cenderung over eksposure.

Namun untuk pengambilan gambar didalam ruangan kurang cukup mumpuni dan memadai lantaran tanpa flash. Lebih jauh, saat dicoba rekaman videonya pun kurang optimal, terlebih saat cahaya redup.

Internet HP Taxco M3
Merambah pada layanan ini, Taxco M3 berjalan pada jalur koneksi GPRS sebagai pendukung. Layanan browser hanya mengandalkan WAP browser bawaan. Tanpa Opera Mini, Taxco M3 terasa kurang optimal di segmen ini.

Untung saja menu jelajah Facebook maupun Twitter tersedia dalam shortcut interface, hingga lebih mudah menjalankannya. Buat yang hobi chating, tersedia Yahoo Messenger di menu utama dan eBuddy di menu java sebagai layanan default pada ponsel. Selebihnya kita hanya bisa mendownload aplikasi jejaring sosial dan chatting via WAP browser namun penawarannya terbatas.

Untuk proses transfer data kita bisa memaksimalkan layanan Bluetooth dan kabel data micro USB. Ponsel ini pun dapat kita fungsikan optimal sebagai sarana penyimpan data layaknya mass storage, apabila kita memasang memori eksternalnya.

Fitur Lain HP Taxco M3
Selain menyajikan layanan triple on GSM, ponsel ini mengusung fitur TV tuner sebagai media hiburan andalan. Walaupun minus TV recorder, nampaknya layanan ini juga cukup layak menjadi media hiburan. Penerimaan sinyalnya baik dan gambarnya lumayan tajam. Dengan menekan tombol tengah navigasi kita dapat menikmatinya dengan layar penuh.

Mendukung aplikasi Java MIDP, keleluasaan kita untuk menginstal aplikasi pihak ketiga pun terbuka lebar. Walau tak menyediakan fitur minimize aplikasi, namun cukup lumayan untuk menikmati aplikasi favorit pilihan kita.

Selain itu, ketersediaan e-book reader juga memberikan nilai tambah tersendiri. Untuk yang hobi membaca atau mengunduh dari internet, layanan ini nampaknya bisa dioptimalkan. Selain itu game bawaan ponsel ini hanya menyuguhkan Sokoban.

Minim memori internal nampaknya jadi kekurangan tersendiri di sektor ini. Namun jangan kecewa, ketersediaan slot memori eksternal bertipe micro SD sanggup menjadi alternatif daya tampung data.

Berjalan di sektor triple GSM, pastinya tersedia tiga slot kartu SIM di dalamnya. Kita pun dapat mengganti ‘title’ katu SIM dengan nama-nama yang kita sukai, tujuannya agar tidak salah dalam melakukan akses internet via SIM pilihan, maupun pengiriman SMS/MMS. Caranya cukup mudah, hanya masuk ke menu setting, pilih pengaturan panggilan, kemudian tekan multi-SIM, selanjutnya pilih menu mengatur nama SIM.

Walaupun secara keseluruhan ponsel ini mengakomodasi fitur multimedia, sarana output audio tanpa jack audio universal 3,5 mm menambah deretan daftar kekurangan Taxco M3. Selain tak optimal, pihak produsen nampaknya setengah-setengah dalam menggulirkan produk ini.

Info lengkap lihat: Spesifikasi Fitur HP Taxco M3

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts