Sony Platform Mobile Open Source

Sony Kembangkan Platform Mobile Open Source - Sony mengumumkan rencana untuk memberikan sebuah platform pengembangan ponsel berbasis pada versi open source Apple Openstep dan teknologi yang disebut Cocoa.

Rencana proyek Sony ini sendiri disebut sebagai SNAP (Sony Networked Application Platform), yang diharapkan dapat memberikan memanfaatkan bagi komunitas open source untuk memberikan alternatif untuk Apple Cocoa Touch.

Sebagai titik awal, Sony mengambil kode GNUstep proyek yang sudah ada yang berasal sebagai implementasi dari Openstep, dasar untuk Apple Cocoa di Mac OS X dan iOS. GNUstep menggunakan bahasa Objective-C yang sama dan mengimplementasikan secara mirip (tapi tidak identik). Kode ini biasa digunakan untuk membuat perangkat lunak yang ada di iPhone, iPod Touch dan iPad.

Dilansir Apple Insider, Senin (23/11/2010), niat Sony untuk menggunakan platform open source untuk berkompetisi melawan Apple di arena perangkat mobile, daripada menggunakan alternatif yang ada seperti Android berbasis Java, JavaME, dan BlackBerry OS; atau Silverlight berbasis Microsoft Windows 7 Phone.

Pengembangan ini juga, karena Sony belum tertarik menyematkan eberapa versi dari Adobe Flash Lite, web plugin Flash, atau Flash Air

Sebelum membawa teknologi NeXT ke Apple yang diakuisisi tahun 1997 oleh Steve Jobs, NeXT menciptakan sistem operasi UNIX canggih dengan menggunakan tingkat lanjut, kerangka pengembangan berorientasi objek yang membuat aplikasi bangunan lebih mudah.

Dinamakan NeXTSTEP, paket ini banyak digunakan oleh bank-bank investasi dan badan-badan keamanan untuk membuat aplikasi kustom, dan terkenal digunakan untuk membangun server web pertama dan client browser.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts