Review: Kekurangan dan Kelebihan Lenovo Vibe X

Lenovo Vibe X merupakan jajaran seri baru dari Lenovo, yaitu seri Vibe setelah sebelumnya ada ponsel K series untuk pengguna premium, S series untuk yang mendambakan fitur multimedia handal, dan A series yang ditujukan untuk pengguna smartphone kelas pemula dengan fitur-fitur standar smartphone kebanyakan.

Selain Lenovo Vibe X, masih ada ponsel lainnya dalam vibe series, yaitu Lenovo Vibe Z yang kemarin kita review. Nah, sekarang, mari kita review apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone Lenovo yang satu ini.

Kelebihan Lenovo Vibe X
•    Desain stylish dengan bodi tipis
•    Layar 5 inci full HD
•    Tampilan UI atraktif
•    Kamera kaya fitur
•    Kamera depan wide angle

Kekurangan Lenovo Vibe X
•    Chipset tidak superior
•    Daya baterai rendah
•    Tanpa slot memori eksternal

Desain

Lenovo memposisikan varian Vibe sebagai "premium designer phone" dan sebagai perintis varian tersebut Lenovo tentu ingin membuat Vibe X memberi kesan baik pada sektor desain. Kesan pertama yang tertangkap dari tampilan fisik ponsel ini adalah produk berkelas yang stylish dengan bodi tipis.

Vibe X memang bukan ponsel paling tipis yang pernah datang ke ruang redaksi PULSA, namun Lenovo mampu menguatkan citra tipis dengan sisi-sisi ponsel yang tampak mengecil hingga ke tepiannya.

Di tambah lagi dengan aksen logam yang mengelilingi ponsel dan cukup mendominasi sisi bawah, serta bahan plastik polikarbonat bertekstur di sisi belakang membuat ponsel ini tampil elegan.

Buat kami, tipis dan ringan merupakan kelebihan, namun hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang. Sebagian beranggapan bobot yang terlalu ringan kurang mantap digenggam sehingga membuat ponsel rentan terlepas dari genggaman.

Display

Resolusi full HD pada layar dengan ukuran bentang diagonal mencapai 5 inci membuat layar ponsel ini memiliki tingkat kerapatan piksel yang sangat tinggi sehingga gambar ikon dan tulisan yang tertampil tampak tajam.

Layar Vibe X pun tampak menyajikan tampilan dengan karakteristik yang sesuai dengan panel IPS yang dimilikinya yaitu, viewing angle yang luas, produksi warna yang baik, dan response time yang cepat.

Untuk kenyamanan, pengguna bahkan diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri keseimbangan warna layar Vibe X dengan pengaturan Saturasi dan Hue (corak).

Layar Vibe X dilindungi Gorilla Glass generasi 3 yang dikenal tangguh dan tahan gores. Menariknya, kaca yang mendominasi sisi depan ini di desain sedikit melengkung di tepiannya sehingga terlihat stylish dan nyaman disentuh.

Sistem Operasi dan UI

Android versi terkini memang sudah bisa dinikmati lewat Nexus 5 yang juga PULSA uji di edisi ini. Namun bukan berarti versi Jellybean seperti yang dimiliki Vibe X menjadi tidak menarik.

Sebab perombakan mendalam pada sistem Android versi 4.2 yang disajikan Lenovo lewat Vibe X justru terlihat menarik.

Lockscreen tampil minimalis dengan dihilangkannya fitur lockscreen widget. Namun setelah masuk ke homescreen, interface yang tidak umum pada Android disajikan Vibe X.

Vibe X melebur app drawer ke homescreen, konsekuensinya Anda akan melihat banyak sekali ikon aplikasi, bahkan semua aplikasi yang terinstal pada ponsel langsung disajikan di homescreen.

Bagi yang gemar melakukan kostumisasi tampilan, Vibe X akan sangat menyenangkan. Sebab bukan hanya bisa memilih theme yang sudah menjadi paket tampilan, pengguna juga bisa menentukan sendiri tampilan Lock screen, desktop, animasi saat ponsel booting, menu pengaturan, menu notifikasi sampai dialer secara independen.

Fitur Unggulan

Sistem yang dibawa Vibe X juga telah dibekali oleh sejumlah fitur dan aplikasi tambahan dengan banyak fungsi. Dimulai dari SYNCit yaitu fitur yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi data kontak, SMS, dan call log yang tersimpan pada layanan cloud milik Lenovo.

Lalu ada SHAREit yaitu sebuah metode baru untuk berkirim data dari atau menuju ponsel melalui sambungan wifi peer to peer.

Kemudian berikutnya ada SECUREit, yaitu aplikasi keamanan ponsel dengan segudang fitur diantaranya antivirus, perlindungan privasi, kontrol penggunaan sambungan data, anti spam, anti maling, parental control dan beberapa lainnya.

Selain berupa aplikasi, Vibe X juga membawa tambahan berupa fitur gesture yang berhubungan dengan pengalaman penggunaan (user experience). Seperti Pocket mode yang secara otomatis membuat dering ponsel menjadi lebih nyaring ketika ponsel diletakkan di kantong, Shake to lock yang memudahkan pengguna mengunci layar hanya dengan mengguncangkan ponsel dan banyak lainnya.

Hardware dan Benchmark

Melihat perkembangan teknologi chipset yang digunakan para produk flagship dari vendor yang mendominasi pasar smartphone, apa yang dimiliki Lenovo memang inferior dengan arsitektur yang terbilang usang.

Namun tidak adil tentunya untuk komplain mengingat banderol harga yang ditawarkan Lenovo untuk produk unggulan terbarunya ini memang jauh lebih murah dibanding produk flagship kompetitor.

Hal lain yang juga menjadi kelemahan Vibe X adalah kapasitas daya baterai yang rendah dan ketiadaan slot microSD untuk memperbesar memori penyimpanan ponsel.

Di uji dengan aplikasi benchmark langganan PULSA, Vibe X mencatat angka 15167 pada Antut dan 5704 ketika menggunakan Quadrant.

Konektivitas

Untuk urusan konektifitas, Vibe X memang tidak memiliki segalnya, namun sudah sangat cukup untuk pengguna kebanyakan. Pilihan konektifitas yang absen diantaranya 4G yang tidak begitu penting bagi pengguna di Indonesia, NFC dan pemancar infra merah yang belakangan kembali muncul di banyak produk smartphone.

Seperti awamnya ponsel Android kebanyakan, Vibe X juga memberikan pengguna keleluasaan membagi sambungan data operator ke perangkat lain via portable wifi.

Peran aplikasi kamera standar Android diambil alih oleh aplikasi SNAPit Camera yang dikembangkan Lenovo. Aplikasi kamera ini membawa banyak pilihan fitur dan pengaturan.

Mode pengambilan gambar yang disebut sebagai extension saja menyajikan 11 pilihan, termasuk panorama, HDR, low light, PIP (picture in picture), burst,spech picture, night potraitbeautify, smile, makro dan timer.

Kemudian tersedia 24 pilihan efek yang secra garis besar di bagi tiga kedalam 6 pilihan lens effect, 6 pilihan magic effect dan 12 color effect.

Kamera sekunder Vibe X juga menarik. Selain resolusinya yang besar, lensa yang disematkan Lenovo merupakan wide angle lens yang bisa menangkap sudut pandang hingga 84 derajat. Artinya untuk digunakan berfoto selfie, kamera depan Vibe X bisa menangkap background lebih luas, atau bisa digunakan untuk selfie dengan beberapa teman sekaligus tanpa bantuan tongsis (tongkat narsis/monopod) yang belakangan populer.

Kesimpulan

Dengan segala keunggulan yang dimiliki seperti bodi tipis dan ringan dalam balutan desain yang elegan, layar luas berkualitas, sajian UI atraktif dan segudang fitur pada kameranya ponsel ini terbilang menarik untuk dimiliki. Apalagi harga Vibe X tergolong murah untuk sebuah produk unggulan dari sebuah vendor.

Meski begitu, tentunya harga bersahabat memiliki konsekuensi seperti kinerja hardware yang masih inferior dibanding flagship kompetitor dari vendor lain. Sementara ringannya bobot tentu dipengaruhi oleh baterai yang berkapastias daya rendah.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts